Mengapa Membalas Selingkuh Bukan Solusi Terbaik?

Mengapa Membalas Selingkuh Bukan Solusi Terbaik?

Simikir.com - Menemukan bahwa pasangan telah berselingkuh sering menimbulkan perasaan marah dan malu yang mendalam. Dalam keadaan emosional seperti ini, umum bagi seseorang untuk mempertimbangkan membalas dengan tindakan yang sama.

Menurut laman "Choosing Therapy", sebanyak satu dari tiga orang yang disurvei mengaku telah melakukan tindakan perselingkuhan sebagai bentuk balas dendam, dan 80 persen merasa hal tersebut dapat dibenarkan. Namun, membalas selingkuh bukanlah solusi yang paling bijaksana. Berikut tujuh alasan untuk mempertimbangkan ulang tindakan tersebut:

Lihat Juga: Penghormatan pada Guru: Pahlawan Pendidikan yang Tak Lelah Menyinari Generasi

1. Pelampiasan Kemarahan yang Tidak Sehat

Mengetahui pasangan telah berselingkuh tentu saja akan menimbulkan kemarahan. Namun, seiring waktu, kemarahan ini pasti akan reda dan mungkin kita akan menyesal telah melakukan tindakan balasan. Belajar mengendalikan amarah dan menyalurkannya dengan cara yang sehat adalah langkah yang lebih bijak.

2. Menciutkan Empati Pasangan

Membalas selingkuh berpotensi membuat pasangan membenci kita, memperburuk situasi. Meskipun apa yang dilakukan pasangan tidak bisa dibenarkan, melakukan hal yang sama tidak akan membawa ke dalam situasi yang lebih baik.

3. Menambah Hambatan Pemulihan Emosional

Membalas dengan berselingkuh tentu saja hanya memperburuk masalah dan mempersulit proses pemulihan emosional.

4. Memicu Kekerasan

Perlu diingat, balas dendam dapat memicu tindak kekerasan dari pasangan. Biarpun selama ini pasangan tak pernah menunjukkan kemarahan secara ekstrem, kemungkinan reaksi tersebut tetap ada.

5. Mengikis Kepercayaan dan Membuat Hubungan Jadi Rumit

Membalas dengan berselingkuh hanyalah merusak kepercayaan yang ada dalam hubungan dan membuatnya semakin rumit.

6. Merusak Harga Diri

Dengan membalas selingkuh, kita justru menurunkan harga diri sendiri. Melakukan tindakan yang keluar dari karakter pribadi kita dapat menimbulkan rasa bersalah dan merendahkan diri sendiri.

7. Memburukkan Komunikasi dalam Hubungan

Dengan membalas selingkuh, komunikasi dalam hubungan bisa jadi semakin memburuk. Padahal, menjalin komunikasi yang baik adalah kunci untuk memperkuat hubungan setelah mengalami masalah besar.

Melawan perasaan untuk balas membalas selingkuh mungkin sulit, tetapi menjaga integritas diri dan menjaga kesehatan hubungan di masa depan lebih penting. Diperlukan penerimaan, pemahaman, dan waktu untuk sembuh, tetapi pada akhirnya, setiap rasa sakit akan mereda dan kehidupan akan melanjutkan jalannya.

Lihat Juga Artikel di Beritabola.co

Posting Komentar untuk "Mengapa Membalas Selingkuh Bukan Solusi Terbaik?"